PLANOLOGI ITN MALANG

PLANOLOGI ITN MALANG
BANGGA JADI ALUMNI PLANOLOGI ITN

NYANTRI KE PULAU GARAM

 Awan  kelabu ya karna tertutup mendung..biasanya menandakan mau hujan..tapi emang bener teorinya...lagi turun hujan waktu itu..sejenak saya singgah di sebuah masjid salah satu Desa sekaligus jalanin sholat Dzuhur...selanjutnya kulanjutkan perjalanan untuk menuju Perkotaan Pamekasan tempat Nginap..nah niatnya sih mau lewat jalan yang lebih cepat menuju arah Pamekasan..setelah ku cek jaringan jalan menggunakan GPS trimble Juno ST..( biasa senjata yang gak pernah ketinggalan kalo lagi survey)..ketemulah ada 1 jalan menuju kota pemekasan yang lebih dekat kalo dibandingin harus putar dari Kecamatan Palengaan yang berada di Desa Palengaan Laok...awalnya jalannya ya lumayan mulus...hmm Subhanalloh..da lumayan jalan ternyata jalannya berbatu, tanah dan licin...tapi saya tetap yakin mungkin gak terlalu jauh jalannya da aspal lagi..tapi nyatanya sepanjang perjalanan tetap sama jalannya..mau balik sudah terlalu jauh..ya terus az dengan modal Bismillahirrohmanirrokhim...
Nah di tengah perjalanan tu lah saya temukan sekitar 15 anak sedang berjalan menyisir pematang sawah yang cukup lumayan jauh..dan kucoba amati ternyata mereka mendekat kejalan yang aku lewati..akhirnya ku coba abadikan dengan beberapa jepretan kamera digital...
sejenak aq berpikir..ditengah sawah sini tidak ada rumah disekelilingnya..dan untuk permukiman masih sekitar 2 Km dari jalan saya berpapasan dengan mereka setelah saya coba ukur kasaran menggunakan GPS..lantas berapa kilo jarak yang mereka tempuh dari jalan mengitari pematang sawah sampai menuju tempat mereka akan mencari ilmu agama tersebut.. 
sebuah semangat nyantri (kata-kata seorang santri belajar agama)  dari mereka begitu kental...semangat kebersamaan, semangat yang tak luntur habis guyuran hujan...kalo ada film LASKAR PELANGI..mungkin kalo aku seorang sutradara akan ku buat film dengan judul LASKAR SAKERA KECIL....sebuah pengalaman dan pelajaran baru bagiku tentang pengaplikasian sebuah SEMANGAT untuk mencari ilmu dari kepingan bumi Indonesia...Nabi bersabda " Carilah Ilmu Walau Sampai ke Negeri Cina.." kalau boleh saya mengutip sebuah kata " Carilah Semangat Agama Walau Sampai Rekkerek"

Sebuah catatan pendek Pengalamanku di Pulau garam alias Madura tepatnya di Kabupaten Pamekasan Kecamatan Palengaan tepatnya masuk bagian Desa Rekkerek...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN IDE, KOMENTAR, UNEG-UNEG ANDA TENTANG SEMUA POSTINGAN INI